Peluang Pendanaan Museum Seni era 2020-an Kajian : Museum Of Jakarta (Moja Museum)
Keywords:
Museum Seni, Swakelola, Bisnis, InteraktifAbstract
Artikel ini akan fokus pada perubahan yang terjadi pada fungsi museum, khususnya terkait dengan apresiasi publik terhadap museum. Kecenderungan konsep museum baru yaitu “museum selfie” seakan mencoba mendobrak regulasi museum pada umumnya. Istilah swafoto atau selfie sudah tidak asing lagi terdengar sebagai bagian dari gaya hidup bahkan menjadi ranah komersial dalam dunia seni. Budaya selfie dengan karya seni dan menyebarluaskannya di media sosial menjadi sebuah eksistensi yang besar. Museum of Jakarta atau yang disingkat Moja Museum terlahir dari budaya swafoto ini dan menjadi salah satu penanda bahwa sosial media dan kebiasaan swafoto dapat membuat pergeseran makna museum pada masyarakat kota. Ruang seperti ini adalah bisnis nirlaba yang menjual pengalaman yang telah dibuat secara tegas untuk dapat diposkan di media sosial hal ini tentu bertolakbelakang dengan fungsi museum sebagai sarana edukasi Hasil kajian menunjukkan pengalaman imersif dan interaktif di museum menjadi bagian dari kepentingan komersial sebagai komoditas baru.