PERANCANGAN KONSEP VISUAL PERMAINAN DIGITAL TENTANG EDUKASI PRASEJARAH BERGENRE PLATFORMER PUZZLE 2 DIMENSI BERNAMA “PRE-HISTORIC TIME!”
Keywords:
Konsep Visual, Permainan Digital, Dua Dimensi, Edukasi PrasejarahAbstract
Arkeologi merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia melalui penemuan peninggalan-peninggalan kebudayaan manusia pada masa lalu. Hal tersebut merupakan bagian penting dari sejarah peradaban kehidupan manusia di bumi, khususnya di bidang pendidikan dan kebudayaan. Namun, dalam proses pembelajaran ilmu tersebut, sering dijumpai permasalahan-permasalahan dalam kegiatan pembelajarannya, salah satunya adalah pelajar yang merasa bosan terlebih saat mempelajari ilmu sejarah. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media yang dapat mengkomunikasikan informasi tersebut dengan sajian media yang menarik dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah media pendukung dalam pembelajaran yaitu berupa permainan digital bertema edukasi dengan genre platformer puzzle 2 Dimensi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan hasil akhir adalah perancangan konsep visual dari permainan digital tersebut. Hasil perancangan ini menunjukkan bahwa dalam merancang sebuah game perlu memerhatikan berbagai berbagai aspek untuk mendapatkan hasil yang baik, namun dalam perancangan ini hanya akan dibahas sebatas keilmuan Desain Komunikasi Visual.